Social Buttons

Advertisement

Nilai-nilai Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Pancasila sebagai dasar negara Indonesia bukan lagi suatu hal yang baru bagi masyarakat kita ( Indonesia). Dari zaman dahulu, nilai pancasila memang sudah terkandung dalam kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia. Nilai-nilai tersebut telah meliputi berbagai Aspek kehidupan dan sekarangpun masih tetap dipelihara sampai saat ini.

Semua nilai-nilai pancasila perlu sekali kita kembangkan dalam kehidupan-kehidupan sosial budaya, demi terciptanya suasana yang cukup tenang, kesejahteraan, damai, dan aman. Tanpa nilai-nilai tersebut kita tidak akan bisa untuk mencapai semua itu. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Nilai yang Terkandung Dalam Setiap Sila Pancasila berikut ini adalah ulasannya.

1. Nilai Ketuhanan Yang Maha Esa

Beriman kepada tuhan yang maha esa, ini sesuai dengan agama dan keyakinan sejalan dengan asas kemanusiaan yang adil dan beradap. Nilai luhur ini telah melandasi kerukunan hidup berbangsa, bermasyarakat, dan juga bernegara.

Di negara kita tepatnya di Indonesia, terdapat banyak sekali macam-maca agama yang berbeda. Masing-masing telah mempercayai agama yang telah dianutnya sehingga kerukunan diantara penganut agama tetap terpelihara. Iman dan takwa kepada tuhan yang maha Esa telah terpatri dalam hati penganut agama,
PANCASILA
Nilai yang Terkandung Dalam Setiap Sila Pancasila

Baca juga - Pengertian Pancasila menurut para Ahli

2. Nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Mungkin setiap warga negara telah mengakui persamaan derajat, kewajiban antara sesama manusia sebagai asas kebersamaan bangsa Indonesia, dan hak. Dengan menjunjung tinggi persamaan derajat, hak, kewajiban, maka seluruh bangsa Indonesia bersama-sama akan mampu menegakkan dan juga memelihara kebersamaan yang dinamis dan selalu mengarah pada kemantapan yang telah disempurnakan.

3. Nilai Persatuan Indonesia

Setiap warga negara mengutamakan persatuan, kepentingan, kesatuan, dan juga keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi golongan. Sikap tersebut melahirkan kesanggupan dan kerelaan berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara.

Sikap positif ini telah dilandasi oleh rasa cinta dan sayang kepada tanah air ( Patriotis) dan juga rasa cinta kepada bangsa dan negara (nasionalis).

4. Nilai Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan

Setiap warga negara pasti memiliki kedudukan yang baik. Kedudukan yang sama tersebut digunakan dengan kesadaran dan mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat. Selain itu, warga negara Indonesia harus selalu mengutamakan musyawarah untuk mufakat dalam menyelesaikan suatu persoalan bersama.

5. Nilai-nilai Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Kita harus mengindarkan diri dari sifat pemborosan, selalu bergaya hidup mewah dan perbuatan-perbuatan yang merugikan kepentingan umum. Bekerja keras dan juga menghargai hasil kerja keras orang lain sangat dibutuhkan dalam mewujudkan sikap kebersamaan.

Disaar terjadinya krisis nasional terjadi ancaman berat terhadap kelangsungan hidup bangsa dan bernegara, dan tindakan dari sekolompok orang-orang yang mengarah pada disintegrasi bangsa. Tapi, Pancasila selalu menjadi pegangan bersama dan juga ideologi negara tak tergoyahkan sedikit pun. 

Demikianlah artikel saya tentang Nilai yang Terkandung Dalam Setiap Sila Pancasila ini, semoga ini bisa kita ambil hikmahnya, dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman anda, terima kasih semoga bermanfaat.
Nilai-nilai Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia Nilai-nilai Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia Reviewed by infogarsela on 10.27 Rating: 5

1 komentar:

  1. How many times have you ever watched a game with friends online? - VODL
    a popular YouTube channel featuring celebrities youtube to mp3 like Kendall Jenner, Eminem, Prince and more. of their favourite YouTube videos.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.